Universitas Tertua Di Indonesia Yang Paling Bersejarah

Universitas tertua di Indonesia sangat banyak. Sebagian besar dari kampus ini masih aktif hingga sampai saat ini. Oleh sebab itu, dari segi pengalaman perguruan tinggi ini tentu mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas. Berikut ini akan dijelaskan perguruan tinggi tertua yang ada di seluruh Indonesia. Ini dia penjelasannya yang bisa dijadikan acuan:

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia atau yang sering disebut UI merupakan perguruan tinggi tertua di Indonesia. Menurut sejarahnya kampus di Jakarta ini berdiri pada tahun 1851. Sedangkan yang membangunnya adalah pemerintah kolonial Belanda (Batavia) untuk mendidik asisten dokter.

Nama Universitas Indonesia digunakan pada tahun 1950. Di saat itu pula berbagai jurusan mulai masuk ke UI selain fakultas kedokteran. Di antaranya adalah Fakultas hukum, Ekonomi, Hukum, Sastra dan Filsafat, serta banyak lagi yang lainnya.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga atau Unair juga kampus tertua yang ada di NKRI. Ini juga dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1913. Cuma pada waktu itu kampus ini masih gabungan dua sekolah Belanda yang disebut Nederlands Indische Artsen School (NIAS) dan School Tot Opleiding Van Indsiche Tandartsen (STOVIT).

Pada tahun 1954 sekolah ini akhirnya diubah namanya menjadi Universitas Airlangga yang diresmikan oleh Presiden Ir. Soekarno. Sejak itu, Unair menjadi kampus pertama di Indonesia bagian timur.   

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Universitas Tertua Di Indonesia yang ketiga adalah Institut Teknologi Bandung yang disingkat ITB. Sebelum menjadi institut teknik fakultas ini memiliki nama Technische Hogeschool Bandoeng atau THS. Sedangkan kampus berdiri pada tahun 1920.

Menurut sejarahnya rektor pertama di lembaga pendidikan tinggi ini ialah Prof. Ir. Januari Klopper. Di tangan profesor ahli matematika ini kampus terus berkembang ditandai dengan banyaknya program studi yang diajarkan. 

4. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor memang lahir pada tahun 1952 yang diresmikan oleh Ir. Soekarno. Akan tetapi, kampus perintisnya sudah ada sejak tahun 1940. Cuma saat itu, masih bernama Landbouw Hogeschol dengan ilmu pertanian sebagai jurusan perkuliahan.

Pada tahun 1942 hingga 1945 kampus sempat ditutup oleh pemerintahan Jepang. Namun pada tahun 1952 kampus dibangun kembali dan pada tahun 1963 penggunaan nama Institut Pertanian Bogor diresmikan.

5. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia yang disingkat UII juga kampus tertua di Indonesia. Pasalnya, lembaga pendidikan tinggi ini sudah berdiri pada tahun 1945. Namun di kala itu namanya masih Sekolah Tinggi Islam (STI).

Perguruan tinggi ini dibangun oleh Majelis Syuro Moeslimin Indonesia atau Masyoemi. Satu partai politik yang cukup besar di kala itu. Tujuan pendiriannya adalah untuk menciptakan wadah pendidikan tinggi pada rakyat pribumi yang kala itu didominasi oleh orang-orang Belanda saja.

6. Universitas Gajah Mada

Universitas Gajah Mada (UGM) tidak hanya populer di Jogjakarta saja tetapi juga di seluruh Indonesia. Ternyata perguruan tinggi bonafide ini juga kampus tertua di nusantara.

UGM dibangun oleh pemerintah orde lama pada tahun 1949. Tepatnya pada tanggal 19 Desember. Di masa tersebut kampus hanya memiliki enam fakultas saja. Kini kampus yang memiliki 18 fakultas ini telah menjadi kampus favorit di Indonesia selain UI dan ITB. Ini dibuktikan dengan ribuan mahasiswa yang mendaftar setiap tahun.

Itulah penjelasan tentang universitas tertua di Indonesia. Silakan dipilih salah satu yang memiliki fasilitas lengkap dan kurikulum perkuliahan yang bagus.